Pengertian Database

SepriNews, Rokan Hulu - Perkembangan teknologi begitu cepat dan tidak mungkin untuk di elakkan. Siapapun orang maupun perusahaan yang tidak memanfaatkan teknologi dengan baik pasti akan mengalami jauh ketinggalan. Berbeda kasusnya apabila seorang petani maupun pekerja harian tidak memanfaatkan teknologi, dia tetap bisa menghidupi dirinya untuk keperluan sehari-hari.
Setiap aplikasi atau web yang kita liat untuk melakukan transaksi pasti menggunakan database. Contohnya : belanja online, pesan tiket pesawat, pengisian pulsa, game dan lain-lain.Database adalah sekumpulan data yang telah disusun sedemikian rupa yang memiliki aturan tertentu sehingga pengguna lebih mudah untuk mengelola juga mempermudah mendapatkan informasi. 
Database bisa juga disebut sebagai sekumpulan arsip, file dan tabel yang saling berhubungan tersimpan dalam media elektronik atau media online. 

Berikut keuntungan menggunakan database:
  1. Cepat dan mudah digunakan. Perancangan database yang baik bisa mempercepat kita untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.
  2. Pemakaian bersama. kita bisa melakukan transaksi secara bersama-sama tanpa membutuhkan antrian yang panjang. Contohnya : Mengambil mata kuliah, melihat nilai pada Sistem Informasi Akademik.
  3. Mengontrol Data menjadi terpusat. Pusat data cukup menjadi satu dan tidak terpecah dalam banyak file.
  4. Menghemat biaya perangkat. Dengan adanya database terpusat setiap orang tidak membutuhkan alat lagi untuk melakukan penyimpanan.
  5. Data lebih aman. Setiap tingkatan akan diberikan password tertentu, sehingga akan dibatasi mengenai apa saja yang diperlukan.
  6. Mudah untuk menambahkan aplikasi baru. Adanya database setiap data menjadi terpusat, sehingga ketika kita ingin menambah aplikasi baru cukup merubah tampilannya saja dan bisa menggunakan database yang sama.
Salah satu aplikasi database yang gratis yaitu MySql, untuk memahaminya silahkan download materi dasarnya pada link berikut:
Download Disini 


Comments

Popular posts from this blog

Penjelasan HTML

Mulailah Setiap Aktifitas dengan Bismillaah

Short Link